Fakultas Universitas Tangerang Raya

Prodi Bisnis Digital

Prodi Bisnis Digital

    Di era digitalisasi dan industrialisasi saat ini, perkembangan produk digital menjadi salah satu cikal bakal kemajuan nasional Indonesia. Dilihat sebagai peluang bisnis oleh sebagian besar Banyak e-commerce atau marketplace yang bermunculan akhir-akhir ini, seperti Shopee, Tokopedia, Gojek, Grab, Traveloka, kini sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dan saat ini, terdapat lebih dari 50 juta pemasok UKM di Indonesia. Namun, kurang dari satu juta orang sudah terlibat dalam pemasaran digital. Namun, karena kurangnya pengetahuan tentang peluang teknologi yang tersedia untuk memulai bisnis digital, tidak banyak orang yang tahu cara membuat bisnis digital, dan tentu saja banyak perusahaan e-commerce membutuhkan kumpulan besar sumber daya manusia terbaik yang mampu berinovasi. , mentransformasikan dan beradaptasi dengan kebutuhan dan tren bidang bisnis digital saat ini.

    Sehubungan dengan hal ini Program Studi Bisnis digital kampus Universitas Tangerang Raya hadir untuk  mempelajari keilmuan yang mengintegrasikan bidang  informatika, manajemen,  merespon tantangan revolusi Industri 4.0 dengan cara mencetak SDM professional di bidang bisnis digital untuk menopang  bidang ekonomi kreatif yang memiliki :

- Jiwa Wirausaha dan mandiri berbasis industry 4.0 (Technopreneur)

- Memiliki kemampuan untuk membuat strategi pengembangan usaha pemula (StartUp)

- Mampu menguasai teknologi digital marketing , Fintech, UI/UX Design, dan Mobile app development di bidang ekonomi berbasis digital di Indonesia

Visi :

“Menjadi Program Studi Terdepan dan Unggul dalam bidang bisnis digital di Indonesia.”

Misi :          

1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang memenuhi standar dalam pembentukan ahli di bidang bisnis digital

2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan konsep dan teknologi bisnis digital

3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat di bidang bisnis digital

4. Mengembangkan jejaring wirausaha Provinsi dan Nasional dalam pengembangan bisnis digital

Tujuan :

1. Menciptakan lulusan yang mampu berwirausaha secara kreatif, inovatif dan produktif yang mampu menangkap peluang bisnis berbasis data digital di berbagai pasar dan industri

2. Menciptakan lulusan yang berkualitas dan memahami keilmuan ekonomi dan bisnis digital secara komprehensif

3. Menghasilkan inovasi dalam bidang bisnis digital yang mampu memecahkan permasalahan yang berkembang di masyarakat melalui hasil penelitian

4. Menyebarluaskan hasil penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bisnis digital

5. Mengembangkan jejaring dan kemitraaan baik nasional, regional maupun internasional dalam rangka berbagi pengalaman, gagasan dan perkembangan ilmu bisnis digital

6. Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam bidang bisnis digital atau ilmu dan keterampilan lain yang mendukung bisnis digital.

7. Menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, instansi pendidikan, asosiasi, maupun lembaga pemerintah.

 

1. Apa saja yang kamu dapat ketika kamu kuliah di Jurusan Bisnis Digital?

Sepanjang studi Anda, Anda akan mengalami perjalanan pembelajaran yang telah dirancang untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan bisnis digital Anda.

Metode pembelajaran dan pengajaran yang dirancang dalam pengalaman yang menarik dan menantang yang akan mencakup kuliah, pembelajaran berbasis masalah, studi kasus, pembelajaran campuran, tugas, proyek, dosen tamu industri, tamasya dan ujian.

Di tahun terakhir Anda, Anda akan mengambil magang di mana Anda akan bergabung dalam sebuah proyek ke beberapa start up dan atau perusahaan di mana Anda tidak hanya dituntut untuk menerapkan teori Anda tetapi yang akan memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan praktis Anda.

2. Setelah Lulus Kemampuan dan keterampilan apa yang  kamu miliki?

– Menerapkan pengetahuan teoretis dan teknis yang luas tentang praktik bisnis dalam konteks yang beragam

– Memberikan saran dan panduan mengenai operasi bisnis digital, strategi, kepemimpinan, transformasi organisasi, teknologi keuangan, pemasaran digital, analitik bisnis, keamanan siber, pitch dan negosiasi, dan UI/UX

– Menganalisis informasi untuk membuat keputusan bisnis yang efektif

– Mengambilan keputusan berdasarkan data

– Analis data, penambangan data & pendongeng wawasan

 

Profil Lulusan :

  • - Konsultan di bidang teknologi informasi
  • - Wirausaha berbasis data atau informasi digital
  • - Perencana bisnis berkelanjutan
  • - Analis manajemen bisnis
  • - Manajemen pemasaran digital
  • - Konsultan pemasaran digital
  • - Konsultan bisnis
  • - Manajer pengembangan bisnis
  • - IT Project Manager
  • - Peneliti di bidang Internet of Things, Artificial Intelegence, Big Data, User Interface/User Experience