Sejarah

Perjalanannya berdirinya Universitas Dian Nusantara cukup panjang. Awalnya adalah berbentuk Akademi, dengan nama “Akademi Sekretaris Manajemen (ASM) Tugama”, yang beralamat di Jalan Tilak Medan. Tahun 1983 ASM Tugama mendapat persetujuan kembali status Terdaftar dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 091/O/1983 tanggal 28 Pebruari 1983.

 

Pada tahun 1991 “Akademi Sekretaris dan Manajemen (ASM)Tugama” berubah nama menjadi “Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Medan”. Perubahan akademi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen  (STIM) Medan, tertuang dalam Surat Keputusan Mendikbud Nomor 034/0/1991 tanggal 6 Juni 1991, Sekaligus perubahan badan penyelenggara Perguruan Tinggi dari Yayasan Tugama kepada Yayasan Kesejahteraan Keluarga. Bersamaan dengan Surat Keputusan tersebut Mendikbud juga Mengeluarkan Surat Keputusan sebagai berikut

-  No. 035/ 0/ 1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang status terdaftar untuk program Strata Satu (S.1) Jurusan Manajemen dengan Program Studi Manajemen.

- No. 0306/0/1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang Status Diakui untuk Program Diploma Tiga (D-III) Jurusan Manajemen dengan Program Studi Manajemen Perkantoran.

 

Pada bulan Oktober 1999 pihak Yayasan Kesejahteraan Keluarga sebagai Penyelenggara Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Medan mempercayakan sepenuhnya Penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Medan kepada Yayasan  Dian Asra  yang tertuang pada akte pengalihan No.32,  Notaris H. Syahril Syofyan, SH. Pengalihan Penyelenggaraan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Medan dari Yayasan Kesejahteraan Keluarga kepada Yayasan Dian Asra dikuatkan dengan  Surat Keputusan  Dirjen  Dikti  Nomor . 49/ DIKTI/ Kep/ 2000 tanggal 26 Maret 2000.

 

Seiring dengan perkembangannya pada tahun 2004 STIM Medan mengajukan permohonan ke Mendiknas untuk  mendapatkan penambahan Program Studi.  Dengan penuh semangat dan kerja keras akhirnya tanggal 5 Juni 2008 Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Medan mendapat persetujuan dari pemerintah menjadi Universitas dengan keluarnya SK Mendiknas N0.96/D/O/2008, tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru Dan Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Medan Menjadi Universitas Dian Nusantara ” . dengan jumlah program studi sebanyak 11(sebelas) prodi yang masuk dalam enam fakultas.

 

Fakultas Ekonomi             

 

Fakultas Teknik                 

 

Fakultas Ilmu Komputer  

 

Fakultas MIPA                     

 

Fakultas Sastra                  

 

Fakultas Komunikasi      

 

Sesuai dengan kebijakan Yayasan Dian Asra Medan yang saat ini dipimpin oleh Bapak Dr.H.Paul Sirait, S.K.M.,M.M.,M.Kes. ditetapkan mulai tahun akademi 2013/2014 seluruh perkuliahan dilaksanakan di kampus baru Universitas Dian Nusantara jalan Jamin Ginting Km. 12,5 Kelurahan Lau Chi Kecamatan Medan Tuntungan, Medan.