Home Post Icmi Ajak Untara Siapkan Akses Pendidikan Tinggi Terjangkau Dan Berkualitas

ICMI Ajak UNTARA Siapkan Akses Pendidikan Tinggi Terjangkau dan Berkualitas

  • 06 March 2021
  • KAB. TANGERANG

70ab3-img-20210603-wa0034.jpg

Sejumlah Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orda Kabupaten Tangerang berkunjung ke Universitas Tangerang Raya (UNTARA) yang terletak di Kawasan Perumahan Sudirman, Tigaraksa pada Kamis, (3/6) siang untuk berdiskusi menyiapkan akses pendidikan tinggi bagi warga Kabupaten Tangerang yang mudah, terjangkau dan berkualitas. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ICMI dalam bersinergi dengan Perguruan Tinggi di Kabupaten Tangerang. Sinergitas yang dilakukan adalah upaya untuk mewujudkan adanya perguruan tinggi yang mudah diakses oleh masyarakat Kabupaten Tangerang.

 

Ketua ICMI Orda Kabupaten Tangerang, Maksis Sakhabi, M. AP menjelaskan bahwa kemajuan suatu daerah tidak boleh lepas dari keberadaan perguruan tinggi. Menurutnya, masyarakat harus diberikan akses kampus yang terjangkau dan berkualitas dalam meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Selama ini sebagian besar mahasiswa Kabupaten Tangerang itu mengenyam pendidikan tinggi di luar Kabupaten Tangerang._ _Mengapa mereka harus keluar? ya karena di kita belum ada kampus yang reccomended. Ada murah, kualitas dipertanyakan, ada bagus tapi masyarakat kita tidak mampu menjangkau biayanya, maka harus ada kampus terjangkau dan berkualitas," Kata Maksis saat memaparkan di hadapan rektor UNTARA.

Bahkan menurut Maksis Sakhabi, jika selama ini masyarakat Kabupaten Tangerang sudah menginginkan adanya universitas negeri di wilayahnya. 

 

"Seiring usia Kabupaten Tangerang dan segala kemajuannya yang kita saksikan, namun perguruan tinggi negeri kita masih belum punya, Insya Allah kita akan wacanakan ini sampai terdengar ke pak Bupati Tangerang," Terang Maksis Sakhabi.

 


Sementara menurut Jahrudin, sebagai masyarakat Kabupaten Tangerang, mengaku dirinya akan bangga jika ada universitas negeri di wilayahnya. 

 

"Tentu kepingin, kalau Tangerang ada kampus negeri, bisa membantu sekali untuk masyarakat yang ingin kuliah atau menguliahkan anaknya, gak perlu jauh-jauh," Tutur Jahrudin kepada wartawan.

Sementara Rektor UNTARA, Mardiana mengatakan kampus yang didirikannya sejak Oktober 2020 itu akan dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Tangerang.

"Saya siapkan UNTARA ini untuk warga Kabupaten Tangerang, kami buat kampus ini sebagai layanan akses pendidikan tinggi yang terjangkau dan berkualitas tadi," Kata Rektor saat diskusi bersama ICMI.

Rektor Untara menilai jika selama ini warga Kabupaten Tangerang banyak kuliah ke luar kota karena tidak adanya pilihan di wilayahnya.

 

"Ya karena di dalamnya tidak ada kampus yang diharapkan, Insya Allah kalau masyarakat mau, UNTARA ini bisa kita jadikan negeri, kita siap berikan," Kata Mardiana, Ph. D

ICMI dan UNTARA akan secara bersama-sama menciptakan akses masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang terjangkau namun berkualitas.

Bahkan, dalam visi ke depan UNTARA siap dijadikan kampus negeri jika diinginkan masyarakat.

(ICMI/Red)

+