Home Post Potensi Untara Bisa Jadi Kampus Kebanggan Masyarakat Tangerang

Potensi UNTARA bisa jadi Kampus Kebanggan Masyarakat Tangerang

  • 26 May 2021
  • Auditorium Universitas Tangerang Raya
633fc-3206961d-2001-4262-8910-f452b9c7699c.jpeg

Keberadaan Universitas Tangerang Raya (UNTARA) merupakan potensi bagi daerah dalam meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan tinggi di wilayah Kabupaten Tangerang. Hal itu dikemukakan Maksis Sakhabi, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orda Kabupaten Tangerang di hadapan para Kepala Sekolah SMK dan SMA di Auditorium UNTARA, Rabu (26/5).

Maksis Sakhabi mengaku bahwa dirinya sebagai bagian dari insan pendidikan merasa bangga jika UNTARA menghadirkan diri di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten untuk memudahkan akses masyarakat dalam mengenyam pendidikan tinggi.

“Kabupaten Tangerang perlu menginventarisir perguruan tinggi lalu turut mengembangkannya karena akan menopang upaya pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan manusia,”Terang Maksis Sakhabi.

Kemudian ia menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan komunikasi dengan berbagai kalangan stakeholder dan Bupati Tangerang dalam rangka menyamakan persepsi untuk memulai inventarisasi dan melakukan pengembangan kampus-kampus yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Kami akan dorong Pemda Kabupaten Tangerang untuk terlibat secara langsung mengembangkan perguruan tinggi di wilayahnya (kabupaten Tangerang,red),” tutur pria yang kini menjabat sebagai Kepala Seksi SMK/SKh KCD Kabupaten Tangerang.

Lebih lanjut ia menambahkan, wacana diadakannya kampus negeri di Kabupaten Tangerang sudah sejak lama menjadi keinginan warga masyarakat Kabupaten Tangerang, namun hingga saat ini harapan tersebut belum mendapat perhatian dari pemerintah.

“Jika pemerintah mau, bisa kemudian UNTARA jadi kampus negeri, jika sudah begitu akan menjadi kampus kebanggaan masyarakat Tangerang,” kata Maksis.

Rektor Untara, Ir. Mardiana, Ph. D, menyatakan jika kampus yang saat ini dipimpinnya itu akan dipersembahkan untuk masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya, umumnya masyarakat Banten dan Indonesia.

Mardiana berharap jika kampus UNTARA bakal menjadi icon Tangerang dan bisa memfasilitasi warga Kabupaten Tangerang untuk berkuliah tanpa harus memikirkan pembiayaan yang mahal.

“Kami coba memudahkan akses pendidikan tinggi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang bagus berkualitas,” terang Mardiana.

Universitas merupakan tempat pembelajaran secara mandiri mengikuti apa yang dikehendaki. Oleh karenanya, rektor UNTIRTA berharap bantuan moril dari pelaku atau penyelenggara pendidikan.

+